Say Hello to Hero :)

            Holla readers, happy kartini’s day and happy earth day 🙂

Dan sepertinya hari ini saya masih bersemangat bercerita dan menulis sebelum tiba di ruangan yang serba bau alkohol dan obat-obatan ini. Hehe. Oke, by the way saya mau mengucapkan Selamat hari Kartini ya wanita Indonesia. Semangat saya lagi membara seperti Raden Ajeng loh. 🙂

Saya hanya ingin berbagi cerita tentang kegiatan saya kemarin, tepatnya tanggal 21 April 2013, yaps Hari Kartini. Saya pernah bercerita tentang komunitas Kaskus Regional Surabaya di cerita saya terdahulu. Yaps, kali ini komunitas saya mengadakan acara Kaskus Regional Surabaya Goes To Museum dengan judul “Say Hello to Hero“.  Ini merupakan acara kunjungan ke museum-museum di Surabaya guna untuk mengenalkan dan menumbuhkan jiwa nasionalisme arek-arek Kaskuser Regional Surabaya. Dimana saya sendiri, jujur saja yang menetap di Surabaya cukup lama-pun masih ada yang belum pernah saya kunjungi. So, saya benar-benar tertarik untuk mengikutinya. Kalau mau tau lebih jelas detil acaranya kesini aja. Ada 5 tujuan museum yang akan kita hampiri. Tugu Pahlawan, Museum Kesehatan, Jalasveva Jayamahe, Planetarium dan House of Sampoerna. Yayness! how about the trip? yuk intip 🙂

IMG_20130423_080305

well, for the first destination :  Tugu Pahlawan Surabaya :

Tugu Pahlawan, adalah sebuah monumen yang menjadi markah tanah Kota Surabaya. Monumen ini setinggi 41,15 meter berbentuk lingga atau paku terbalik. Tubuh monumen berbentuk lengkungan-lengkungan (Canalures) sebanyak 10 lengkungan, dan terbagi atas 11 ruas. Tinggi, ruas, dan canalures mengandung makna tanggal 10, bulan 11, tahun 1945. Suatu tanggal bersejarah, bukan hanya bagi penduduk Kota Surabaya, tetapi juga bagi seluruh Rakyat Indonesia.

Tugu Pahlawan dibangun untuk memperingati peristiwa Pertempuran 10 November 1945 di Surabaya, dimana arek-arek Suroboyo berjuang melawan pasukan Sekutu bersama Belanda yang hendak menjajah kembali Indonesia.

Monumen Tugu Pahlawan menjadi pusat perhatian setiap tanggal 10 November mengenang peristiwa pada tahun 1945 ketika banyak pahlawan yang gugur dalam perang kemerdekaan.

Image

Tugu pahlawan

IMG_20130422_104426

lukisan Kota Tua Surabaya

DSC_6350Patung reka peristiwa perjuangan di musium tugu pahlawan

DSC_6346

potret tua tugu pahlawan

DSC_6349prasasti

for the second destination : Museum Kesehatan Surabaya

Di museum kesehatan ini tak hanya menyimpan berbagai peralatan kesehatan tempo dulu, namun juga benda-benda yang terkait dengan supranatural, khususnya benda-benda santet. Oleh karena itu museum ini sering disebut orang sebagai museum santet.

Museum Kesehatan Dr Adhyatma, yang namanya berasal dari nama mantan Menteri Kesehatan ini bukanlah museum biasa. Museum yang terletak di Jl Indrapura No 17 Surabaya tersebut menyimpan benda-benda yang berhubungan dengan praktik ilmu hitam warisan nenek moyang, termasuk santet.


 IMG_20130422_091019

prasasti museum kesehatan

DSC_6356

 DSC_6357

Ruang alat-alat medis kandungan di museum kesehatan

IMG_20130422_091305

potret pengobatan tradisional

IMG_20130422_093404alat ukur penimbang berat badan bayi jaman dulu

IMG_20130422_091145patung simbol keturunan Bupati Surabaya

Nah, yang ini unik sekali readers, ini adalah celana anti perkosaan. dulu, konon istri petinggi-petinggi di surabaya, ketika sang suami pergi merantau jauh, para istri mengenakan celana ini untuk benteng dari tindakan pemerkosaan.

IMG_20130422_094549celana anti perkosaan

dan yang satu ini adalah benda yang paling menarik buat saya, kalian pasti tsudah banyak yang tau apa ini. Yaps, kita mengenalnya Jelangkung. ini adalah salah satu benda yang terdapat di museum santet . Ini salah satu benda yang cukup membuat saya merinding. Ekspresi pancaran raut dan auranya sangat menyeramkan. Benda ini digunakan untuk memanggil Roh-roh halus.

jelangkungJelangkung dan Nini Towok

MaMasih ada lagi nih ruangan mistis yang tersimpan di museum santet, ini ruangan dunia lain. saya hanya bisa memotret luar ruangan dikarenakan tidak ada yang boleh memasuki ruangan ini kecuali mereka yang memiliki indra ke enam atau golongan indigo. Ruangan ini biasanya digunakan untuk ujinyali, acara indigo trans dll.

Konon ceritanya ruangan ini dulu adalah toilet yang digunakan untuk menggugurkan kandungan. wow, mengerikan sekali. di ruangan ini ada sebuah peti sayangnya saya memang tidak bisa memotretnya.

DSC_6361ruangan dunia lain di museum santet

hell yeah, keluar dari hal-hal mistis ini ya readers. we went to the third destination : here we were Jalesveva Jayamahe

monumen jalesveva jayamahe (1)

Monumen jalesveva Jayamahe

Monumen ini merekam langkah heroik para pendiri dan sesepuh TNI Angkatan Laut sekaligus diharapkan dapat menjadi penghargaan dan kenang-kenangan dari generasi penerus yang masih hidup disamping juga itu diharapkan juga dapat memberi dorongan untuk meneruskan perjuangan mereka menuju kejayaan Angkatan laut dalam wadah Negara kesatuan Republik Indonesia. dapat mengobarkan semangat perjuangan bagi generasi berikutnya. Dipilihnya areal dermaga Ujung Surabaya sebagai tempat pendirian monumen ini tidak dapat dilepaskan dari keberadaan dermaga itu di Surabaya yang menjadi saksi sejarah atas peristiwa perebutan Kaigun SE 21/24 Butai pada tanggal 3 Oktober 1945 yang ditandai dengan sumpah para Bahariwan Penataran Angkatan Laut (PAL)

IMG_20130422_091855dermaga kapal TNI AL

DSC_6387salah satu miatur kapal di museum Jalasveva jayamahe

IMG_20130422_091445

PT. PAL

Panas udah mulai terik di jalasveva jayamahe, mulai melanjutkan perjalanan lagi readers . yeah! for the fourth destination : PLANETARIUM

planetarium

Museum Loka Jala Crana berdiri pada tanggal 19 September 1969 oleh Ibu R. Mulyadi, isteri panglima Angkatan Laut Laksamana R. Moeljadi, dengan nama Museum Akabri Laut. Pada tahun 1973, tepatnya pada tanggal 10 Juli 1973, statusnya ditingkatkan menjadi Museum TNI Angkatan Laut. Selanjutnya tanggal 6 Oktober 1979 namanya berubah kembali menjadi Museum TNI Angkatan Laut Loka Jala Crana. Loka jala Crana berarti tempat untuk menyimpan, mengabadikan dan menyajikan peralatan atau sarana yang dipergunakan oleh TNI Angkatan Laut.

Di dalam museum ini terdapat beberapa koleksi peralatan pertempuran Angkatan Laut, disamping itu juga satu koleksi berupa planetarium dan astronavigasi. Museum ini menyuguhkan dan menyelamatkan obyek benda-benda bersejarah yang pernah dimiliki serta dipakai oleh prajurit-prajurit TNI Angkatan Laut sejak dari jaman revolusi fisik hingga saat ini, diantaranya berupa berbagai jenis meriam kapal perang, pesawat, helikopter, artileri medan, replica KRI Dewaruci. Ada juga benda bersejarah lain seperti meriam kapal “HRMS De Zeven Provencien“.

DSC_6381

salah satu miniatur di museum planetarium

DSC_6389diatas itu adalah foto ketika di dalam ruangan planetarium, ruangan tertutup yang digunakan untuk mengenalkan tentang galaxy. itu suasana sebelum lampu ruangan dimatikan, sayang sekali saya tidak dianjurkan memotret ruangan ketika lampu dimatikan, padahal sangat indah sekali. nuansa galaxy yang gelap dan penuh bintang-bintang. hehe 🙂

finally, we went to the last destination. yayyy! at House of Sampoerna.

hos_07

Museum ini dibangun sejak tanggal 20 Februari 1892 yang mulai difungsikan sebagai museum sejak tanggal 9 Oktober 2003. Mulanya bangunan ini berfungsi sebagai Jonges Weezen Inrichting Panti Asuhan Yatim Piatu untuk anak Laki-laki. Bangunan dua lantai ini dibangun di atas lahan seluas 6695 m2, dengan rincian 1357.90 m2 untuk lantai satu dan 220 m2 untuk lantai dua. Dasar pendirian museum adalah pemanfaatan bangunan bersejarah milik Sampoerna sebagai museum. Jika dilihat dari koleksi yang dimiliki museum ini termasuk museum sejarah, karena menceritakan perjalanan Sampoerna mulai dari apa yang dilakukan perintis sebelum mendirikan Sampoerna hingga bisa memiliki Sampoerna yang besar seperti sekarang ini, Pengunjung diperbolehkan masuk gratis untuk menikmati 989 koleksi dengan syarat usia 18 tahun ke atas, atau dibawah usia itu, harus dengan dampingan orang tua.

i think that i ever shared about this place maybe. okay, lets check some pict i could capture yesterday 🙂 . House of Sampoerna ini memiliki design ruangan yang artistik, tatanan dan arsitekturnya sangat unik. Galery foto dan peralatan serta mesin-mesin kuno sejak pertama kali didirikannya di tempatkan dengan sangat ideal. banyak pengunjung yang sering datang ke tempat ini hanya untuk sekedar berfoto ria, bahkan untuk preweding sekalin loh. tempat ini memang artistik sekali.

DSC_6391ini salah satu lukisan kaca yang ada di dinding ruangan HOS

DSC_6394

iklan rokok sampoerna yang mejeng di dinding-dinding HOS

IMG_20130422_092951

ini salah satu bingkai potret iklan Sampoerna

and thats all what i can explain to you all about my trip yesterday on Kartini’s Day yayy =D wohoo~

im very very tired but happy . thanks for all ya… sukses buat kartini-kartini kita kemarin dan wajah lelah yang sudah menyukseskan acara Kaskus Regional Surabay Goes to Museum ..

DSC_6399wajah-wajah lelah meraka :”)

Ayu Ratu Nagari

kaskus id = adhegrara

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s