lelaki muda

Image

Kulihat bapak tua itu mengayuh sepeda kecilnya yang lebih mirip kursi roda dengan pengayuh di bagian depan, kedua tangannya mengayuh pelan, derit suara rantai sepeda itu seolah berhambur dengan derit tulang-tulangnya yang tua renta. Kedua kakinya tak lagi pernah bisa menopang tubuhnya yang lemah. Setiap pagi kutemui beliau dengan segala senyumnya yang ramah, tubuhnya yang tak sempurna tak menyusutkan semangatnya menjalani hidup yang terlalu fana. Otot-otot tangannya seolah tak pernah lelah mengayuh dan mengantarnya berkeliling entah.

Di sebrang, seorang lelaki muda dengan celana panjang belelnya, dan kaos dekilnya menghampiri bapak tua itu dan membantunya melewati tanjakan yang terlalu tinggi untuknya. Senyumnya manis, wajahnya tampan, rautnya acuh, gayanya berantakan. Ia bahkan lebih mirip berandalan.

“Terimakasih anak tampan”, beliau berteriak serak berucap pada lelaki muda berkulit bersih , bermata coklat yang bergaya brandalan itu. Ia hanya membalas dengan senyuman simpul yang santun sembari menganggukkan kepalanya memberi hormat dengan kedua tangannya dirapatkan bertemu tanda salam.

Aku masih berdiri di tempatku, memperhatikan pemandangan yang membuatku terenyuh setiap pagiku. Bergegas aku tersentak dengan suara ibu-ibu tua yang jalannya terhalangiku.

“Permisi mbak”, ucapnya lirih, tersenyum. Aku mempersilhakan beliau dan membalas senyumnya.

Lelaki muda itu berjalan ke arahku, membantu ibu tua itu menyebrang jalan. Aku semakin heran, gayanya yang tak keruan namun hatinya bertabur intan. Ia tersenyum padaku bersamaan dengan ibu tua itu menoleh padaku dan tersenyum renta, namun manis. Aku menganggukkan kepala.

“Mau menyebrang juga?,” tanyanya membangunkanku dari pandang lamunku. Suaranya tegas namun tertata lembut dan santun.

“ah, tidak. Terimakasih”, aku tersenyum malu. Mereka berlalu.

Lelaki muda itu dengan gagahnya dan gaya acuh berantakan ciri khasnya, siapa dia, entah. Rasaku hanya  ingin mengenalnya…

Ayu Ratu Nagari

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s